Selasa, 30 April 2013

Jebakan MLM

Bip bip bip hapeku berbunyi, bip bip bukan begitu bunyinya. Bunyi ringtone sms itu sungguh jarang sekali terdengar dari hape gue. SUngguh terlalu..

Jadi waktu itu temen SMA tiba-tiba sms, gue kira ada kabar apa kok tumben-tumbenan sms gue. Gue sih prasangka baik, pasti temen lama ini mau ngabarin kalo mau nikahan :D

Tapi ternyata tidak, dia cuma nanyain kabar aja gimana, dan naya gue udah lulus belum?? Mungkin kata lulus harusnya gue sensor di sini. Ah sudah lupakanlah. Jadi setelah gue bales kalo belum lulus dia ngga jadi nglanjutin inti masalah dari dia sms duluan, tapi setelah gue tanya balik dia pun jawab buat nawarin bisnis. 

Yak bisnis, tau aja dia kalo gue emang doyan bisnis dari sejak SMA. Gue pun bales sms nya buat terangin aja semuanya di sms, dan waktu itu gue lagi renang di Karanganyar, jauh dari kosan, nyari yang murahan dikit sih, hehehe. 

Setelah lama berenang, gue cek dah inbox sms. Ternyata dah ada balasan dan isinya tentang... bla bla bla... intinya bisnis yang ditawarin itu tentang Oriflame yang ujung-ujungnya tentang MLM (multi level marketing). Oke dah, gue langsung jawab kalo bisnisnya tentang mlm gue mending ga ikutan walaupun menurut dia bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa aja mwskipun masih menjadi mahasiswa. Tapi beribu maaf teman, gue sudah pernah terjebak dalam jebakan MLM jadi tidak akan kedua kalinya gue mainan kayak gini.

Ga ada salahnya juga sih kita mau bisnis apa, mlm kek, atau apalah itu yang penting kita harus menekuninya. Tapi gue tetep kekeuh buat ngga maianan mlm, kenapa? Karena dulu waktu SMA gue pernah ikutan mlm Voucherkey. Zaman dulu perlu 100ribu rupiah syarat buat jadi member, dan gue pun terjebak oleh ajakan temen. Gue pikir sih gapapa ikutan soalnya nanti uangnya bisa direfund berupa pulsa, tapi?? Ternyata itu palsu, fake! Suatu saat gue mencoba buat merefund nya tapi tetep aja gagal, dan 100ribu pun melayang dalam jebakan mlm. Mana sekarang website si Voucherkey itu juga sudah ga ada. Itu salah satu contoh jebakan mlm yang pernah gue alamin.

Bukan berarti oriflame atau sebagainya yang menawarkan produk itu menrupakan jebakan mlm lho, tapi mungkin niat dan kerja keras anda yang akan menjadi jebakan pada diri sendiri. Seandainya anda cuma sekedar ikutan berarti anda sudah terjebak, karena menurut gue mlm itu seperti untuk pekerja keras yang bermental baja, bermuka tembok, berhati beton, dan bukan hanya di awal-awal saja semangatnya, karena kalo tidak bakal masuk ke jebakan mlm juga. Mending gue kejebak di hati cewek idaman gue aja daripada kejebak mlm, hehehe.

Jadi bila anda tidak mau terjebak oleh keadaan apapun yang merugikan, maka mantapkanlah diri anda sebelum mengambil keputusan :')

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar